Saturday, January 15, 2011

Peta Kuliner Tasikmalaya Upaya Meningkatkan Pertumbuhan UKM

Jumat, 14 Jan 2011 17:06:12

Tasikmalaya, 14/1 (ANTARA) - Peta kuliner Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, yang akan diterbitkan dengan prioritas penyebaran wilayah luar kota sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan penggerak usaha kecil menengah.

"Kita akan sebarkan peta kuliner ini untuk menarik minat wisatawan di luar kota, ketika datang ke sini sudah mengetahui berbagai jajanan khas Kota Tasikmalaya," kata pecinta kuliner Kota Tasikmalaya, Maulana Yudiman kepada wartawan, Jumat.

Kota Tasikmalaya sebagai kawasan yang memiliki keeanekaragaman makanan khas di Jawa Barat, kata Maulana, masyarakat atau wisatawan dari luar kota dengan membawa peta kuliner akan memudahkan menemukan tempat jajanan kuliner.

Berbagai tempat makanan khas Kota Tasimalaya yang belum terpusatkan itu, kata Maulana, peta kuliner tersebut menjelaskan nama jalan dan alamatnya serta nama makanan khasnya, dengan penyebarannya melalui pembelian tiket bis maupun di pusat perbelanjaan di kota besar.

"Adanya peta kuliner ini, sebagai bagian dari upaya mewujudkan Tasikmalaya sebagai kota tujuan wisata kuliner," kata Maulana penulis buku berjudul "Tasik Funtastic Kuliner".

Menurutnya Kota Tasikmalaya memiliki kekayaan anekaragam kuliner yang menyimpan potensi menjadi kawasan kuliner wilayah Priangan Timur atau Jawa Barat.

Ia berharap penyebaran peta kuliner ke berbagai daerah kota besar di dalam dan luar Jawa Barat, dapat membangun potensi kuliner Kota Tasikmalaya dalam upaya mensejahterakan masyarakat pedagang makanan.

"Kami ingin seperti di Yogyakarta, atau bahkan di luar negeri seperti Singapura, disana tertata rapi dipusatkan kuliner, dan berharap di Kota Tasikmalaya seperti itu," katanya.

Selain meningkatkan pertumbuhan ekonim penggerak usaha makanan, menurut Maulana selanjutnya akan berpengaruh pada tingkat kunjungan wisata yang ada di Kota Tasikmalaya, termasuk berbelanja berbagai produk khas kerajinan Tasikmalaya.

"Diharapkan dari Pemkot Tasikmalaya bisa membina UKM, karena ini akan berpengaruh pada sektor pariwisata dan meningkatkan daya beli," kata Maulana.

Sementara itu, rencana penerbitan peta kuliner Kota Tasikmalaya sementara akan dicetak sebanyak tiga ribu eksemplar, ukuran peta tersebut dilipat praktis hingga dapat dibawa mudah dan disimpan dalam saku celana.

Dalam peta tersebut terdapat foto-foto makanan khas Kota Tasikmalaya, diantaranya mie bakso, bubur ayam, kupat tahu, aneka kolak, ayam goreng, martabak dan soto serta minuman es bojong, semuanya sudah memiliki ketenaran diberbagai lapisan masyarakat.

"Termasuk nasi tutug oncom atau disebut T-O sudah menjadi ikon kuliner Kota Tasikmalaya, dan itu diklaim sebagai inovasi kuliner asli orang Tasik," katanya.

Feri P

http://antarajawabarat.com/lihat/berita/29835/peta-kuliner-tasikmalaya-upaya-meningkatkan-pertumbuhan-ukm

No comments: