Thursday, August 17, 2006

Gurame

Ikan gurame (orphronemus gourami lac) merupakan ikan jenis air tawar yang berasal dari perairan rawa-rawa dan menyukai perairan yang tenang . Ikan ini juga bisa hidup di sungai atau danau. Budidaya ikan gurame, mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi. disamping rasanya yang lezat dan empuk, ikan ini pun digemari banyak orang.

Disamping rasanya itu, perawatannya pun tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak biaya. Saat ini cukup banyak petani ikan yang telah membudidayakan ikan ini. Terlebih, harga dari setiap bibitnya yang murah dapat menghasilkan keuntungan 3 kali lipat. Harga ikan gurame di pasaran sangat bervariasi tergantung dari bobot ikan tersebut. Saat ini harga 1 kg Ikan gurame dengan berat masing-masing sebesar 500-600 gr mencapai kisaran Rp 20.000-Rp 25.000.- per kg.

Menurut TEMPO Interaktif, berdasarkan data dari Departemen kelautan dan perikanan (2003), setiap tahun, produksi ikan gurame mengalami peningkatan sekitar 35 persen. Ini karena semakin banyaknya petani ikan yang membudidayakan ikan jenis ini.

Berdasarkan catatan departemen kelautan dan perikanan tadi, produksi nasional gurame pada tahun 1999 sebesar 9.820 ton. Lalu pada tahun 2000 meningkat menjadi 14.065 ton. Pada tahun 2001 produksinya mencapai 19.027 ton. Pada tahun 2006, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya menargetkan peningkatan sebanyak 3 kali lipat. Namun, kontribusi ikan gurame di sektor perikanan dalam negeri saat ini baru 10 persen. Seluruh produksi ini umumnya dikonsumsi di dalam negeri.

Kabupaten Tasikmalaya merupakan wilayah yang dikenal sebagai salah satu sentra produksi ikan Gurame di Jawa Barat. Khususnya di Kampung Babakan Loa, Desa Sukamahi kec. Indihiang, beberapa petani telah membudidayakan ikan ini meski dilakukan secara tradisional.

Agar usaha budidaya dan pemesaran ikan gurame ini berjalan optimal, maka dirasa perlu penanganan secara profesional dengan dukungan seluruh sumberdaya yang tersedia.

Ikan gurame merupakan jenis ikan air tawar yang paling mahal harganya, namun permintaannya cukup tinggi. Permintaan gurame datang dari kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta. Karena mudahnya menjual ikan gurame, banyak orang yang menyetarakannya dengan emas, selain mudah dijual juga bernilai cukup tinggi.

Dalam kondisi pasar yang cukup prospektif tidak banyak orang yang menekuni usaha perikanan gurame secara profesional dan berorientasi komersial. Maka walaupun permintaannya cukup tinggi, penawaran ikan gurame masih dirasakan lamban. Akibatnya, sekalipun untuk memenuhi permintaan lokal dan regional, pasar ikan gurame masih terbuka lebar.

Fluktuasi harga ikan gurame relatif stabil dengan kecenderungan yang terus meningkat. Sebagai ilustrasi, harga ikan gurame saat ini di tingkat konsumen wilayah Tasikmalaya mencapai Rp.20.000 – Rp.25.000 per kg, sementara harga ikan yang berada satu peringkat di bawahnya yaitu ikan mas hanya Rp 9.000 paling tinggi Rp 12.500.

Sebagian wilayah pedataran Kabupaten Tasikmalaya memiliki sumber air permukaan maupun air tanah yang cukup sehingga menjadikan iklim yang kondusif untuk pengembangan budidaya ikan air tawar. Sentra budidaya ikan gurame di Kabupaten Tasikmalaya tersebar di beberapa kecamatan antara lain: Kecamatan Singaparna, Leuwisari, Padakembang, Sariwangi, Sukarame, Rajapolah, Manonjaya, Cisayong, Cigalontang. Kurang lebih 1.541,11 Ha kolam di wilayah tersebut potensial sebagai tempat usaha ikan gurame.

Luas penguasaan lahan usahatani yang sempit berimplikasi pada efisiensi penyediaan sarana produksi dan pemasaran. Untuk mencapai efisiensi tersebut dapat dilakukan pendekatan kelompok kemitraan antara plasma dan inti.Inti merupakan pihak pengelola kelompok, dapat berupa perusahaan yang bekerja sama dengan beberapa orang petani. Inti lebih difokuskan pada penyediaan sarana produksi termasuk bibit dan pemasaran. Sementara petani (plasma) bergerak pada tata laksana usahatani.

Ayo, siapa lagi yang ingin beternak ikan gurame?

1 comment:

Ida Indrasari Sukma Dhanie Wahyu Nugraha said...

_ikenalin aku Ida Wahyu Nugraha dari Singaparna,mampir di blog ku,http:\\idasingaparna.blogspot.com